Sabtu, 21 Juli 2012

10 Mahluk Mitos Di Dunia


Mitos (bahasa Yunaniμῦθος– mythos) adalah cerita prosa rakyat yang menceritakan kisah berlatar masa lampau, mengandung penafsiran tentang alam semesta dan keberadaan makhluk di dalamnya, serta dianggap benar-benar terjadi oleh yang empunya cerita atau penganutnya. Dalam pengertian yang lebih luas, mitos dapat mengacu kepada cerita tradisional.[2][3][4] Pada umumnya mitos menceritakan terjadinya alam semesta, dunia dan para makhluk penghuninya, bentuk topografi, kisah para makhluk supranatural, dan sebagainya. Mitos dapat timbul sebagai catatan peristiwa sejarah yang terlalu dilebih-lebihkan, sebagai alegori atau personifikasi bagi fenomena alam, atau sebagai suatu penjelasan tentang ritual. Mereka disebarkan untuk menyampaikan pengalaman religius atau ideal, untuk membentuk model sifat-sifat tertentu, dan sebagai bahan ajaran dalam suatu komunitas.
Klasifikasi mitos Yunani terawal oleh EuhemerusPlato (Phaedrus), dan Sallustius dikembangkan oleh para neoplatonis dan dikaji kembali oleh para mitografer zaman Renaisans seperti dalam Theologia mythologica (1532). Mitologi perbandingan abad ke-19menafsirkan kembali mitos sebagai evolusi menuju ilmu (E. B. Tylor), "penyakit bahasa" (Max Müller), atau penafsiran ritual magis yang keliru (James Frazer). Penafsiran selanjutnya menolak pertentangan antara mitos dan sains. Lebih lanjut lagi, mitopeia seperti novel fantasimanga, dan legenda urban, dengan berbagai mitos buatan yang dikenal sebagai fiksi, mendukung gagasan mitos sebagai praktik sosial yang terus terjadi.


10.Ghoul.



Setan kuburan adalah rakasa (folkloric) yang berhubungan dengan kuburan dan memakan daging manusia, sering diklasifikasikan sebagai mayat hidup. Makhluk itu biasanya tinggal di pekuburan dan pemakaman. Literatur tertua yang hantu menyebutkan kemungkinan Seribu Satu Malam [1]. Istilah ini pertama kali dibuktikan dalam bahasa Inggris pada 1786, dalam Vathek baru orientalis William Beckford itu, [2] yang menggambarkan Ghul cerita rakyat Arab.
Dengan perpanjangan, kata setan kuburan juga digunakan derogatorily untuk merujuk kepada orang yang berkenan pada mengerikan, atau yang berprofesi terhubung langsung mati, seperti sebuah Penggali Kubur.

9.Gorgon.



Dalam mitologi Yunani, Gorgon (jamak: Gorgons) (Yunani: Γοργών atau Γοργώ Gorgon / Gorgo) adalah makhluk perempuan mengerikan. Nama ini berasal dari Gorgos kata Yunani, yang berarti "mengerikan." Sementara deskripsi Gorgons bervariasi di literatur Yunani, istilah ini umumnya mengacu pada setiap dari tiga saudara perempuan yang memiliki rambut hidup, ular berbisa, dan wajah mengerikan yang ternyata orang-orang yang melihat itu menjadi batu. Secara tradisional, sementara dua dari Gorgons adalah abadi, Stheno dan Euryale, mereka adik Medusa tidak, dan dibunuh oleh manusia setengah dewa mitos dan Perseus pahlawan.
Gorgons adalah gambar populer dari mitologi Yunani, muncul di awal tulisan-tulisan kuno keyakinan agama Yunani seperti Homer. Karena tatapan legendaris mereka, gambar dari Gorgons ditempatkan pada objek dan bangunan untuk perlindungan. Misalnya, gambar Gorgon memegang lokasi utama di pedimen candi di Corfu. Ini adalah pedimen batu tertua di Yunani dan tanggal untuk c. 600 SM.

8.Zombie.



Sebuah zombie (Haitian Creole: zonbi; Utara Mbundu: nzumbe) adalah animasi mayat dihidupkan kembali dengan cara mistik, seperti guna-guna [1] Istilah ini sering diterapkan secara kiasan untuk menggambarkan orang terhipnotis kehilangan kesadaran dan kesadaran diri. , namun penyandang dan mampu merespon terhadap rangsangan di sekitarnya. Sejak akhir abad 19, zombie telah memperoleh popularitas mencolok, terutama di Amerika Utara dan cerita rakyat Eropa.
Pada zaman modern, "zombie" istilah telah diterapkan pada mayat hidup yang dalam fiksi horor, sebagian besar diambil dari 1968 Malam Film George A. Romero yang Hidup Mati [2] [3]. Mereka telah muncul sebagai perangkat plot di berbagai buku , film, video game dan di acara televisi.

7.Goblin.


Mereka dikaitkan dengan berbagai (kadang-kadang bertentangan) kemampuan, temperamen dan penampilan tergantung pada cerita dan negara asal. Dalam beberapa kasus, goblin telah diklasifikasikan sebagai makhluk kecil terus-menerus mengganggu agak terkait dengan brownies dan gnome. Mereka biasanya digambarkan sebagai kecil, inci kadang-kadang hanya sedikit tinggi, kadang ukuran kerdil. Mereka juga sering dikatakan memiliki kemampuan magis yang bervariasi.

6.Kolor Ijo.


Jelang Ramadan, warga Probolinggo, Jawa Timur justru kembali dibuat resah dengan kabar kemunculan Kolor Ijo. Kabar meresahkan itu datang dari Desa Kebonsari Wetan, Probolinggo, Jawa Timur, Rabu (18/7) dini hari.

Dalam aksinya, pelaku bertubuh pendek itu diketahui selalu mengenakan cadar hitam dan membawa celurit. Pelaku selalu masuk melalui jendela kamar korban.

"Dalam setiap aksinya, pelaku (Kolor Ijo) selalu membawa celurit, bercadar, berjaket hitam serta ciri-cirinya juga sama," Kanit Pidum Polresta Probolinggo, IPTU Windu.

Warga meyakini si Kolor Ijo adalah orang yang sedang menyempurnakan ilmu hitam dengan syarat-syarat yang tidak masuk akal seperti memperkosa wanita muda.

Hal itu terlihat dari aksi yang dilakukannya pada Rabu (18/7) sekitar pukul 02.00 WIB dini hari, Kolor Ijo berusaha membawa kabur seorang gadis berinisial MS (19) untuk diperkosa di areal persawahan yang berada kurang lebih 300 meter dari kediaman korban di Pesawahan, Kecamatan Tiris.

Dengan menggunakan celurit, si Kolor Ijo mengancam MS agar tidak melawan dan berteriak. Namun, aksi perkosaan itu urung dilakukan karena sang korban mengaku merupakan putri seorang maling.

"Korban lolos dari perkosaan pelaku karena mengaku kalau dirinya putri seorang maling. Kemungkinan atas pengakuan korban, inilah pelaku takut dan meninggalkan korban seorang diri," terang Iptu Windu Prio.

Kejadian serupa telah berkali-kali terjadi di Probolinggo akhir tahun lalu. Peristiwa ini bahkan telah sampai ke telinga anggota DPRD Probolinggo.

Bahkan, Komisi A DPRD Probolinggo pernah memanggil jajaran Polresta Probolinggo dan meminta untuk secepatnya mengungkap siapa pelaku yang biasa disebut 'Kolor Ijo' tersebut.

Berdasarkan data yang diperoleh merdeka.com, sejak tahun 2008 hingga 2012 tercatat sudah ada 12 kasus Kolor Ijo. Namun, hingga kini polisi belum berhasil mengungkapnya. Padahal, masyarakat telah dibuat resah atas aksi si Kolor Ijo. Sebab, dia tak hanya 'memangsa' gadis belia, konon ibu rumah tangga juga tak luput menjadi sasarannya.

"Dari kabar yang saya dengar dulu saat kejadian tahun 2011 lalu, ada seorang ibu rumah tangga di Desa Beberan, Kelurahan Kanigaran, yang diperkosa Kolor Ijo hingga dua kali. Tapi dia tidak cerita sama suaminya. Kabarnya dia masih tetangga salah satu anggota Dewan," kata Wasib, warga Jrebeng Lor, Probolinggo, Kamis (19/7).

Hingga saat ini si Kolor Ijo masih bergentanyangan di luar sana. Warga pun berharap polisi dapat segera menangkapnya.


5.Nenek Gayung.


Nenek Gayung adalah film horor Indonesia yang akan dirilis pada tanggal 19 April 2012. Film ini disutradarai oleh Nuri Dahlia. Film ini dibintangi oleh Zacky Zimah dan Nikita Mirzani.
Desember 2011. Sosok Nenek misterius ini tiba-tiba heboh dibicarakan semua orang. Nenek ini dipanggil sebagai Nenek Gayung, karena ia selalu membawa gayung dan tikar pandan, untuk memandikan korbannya. Banyak yang percaya, bila bertemu dengan Nenek Gayung, jangan pernah mengajaknya bicara. Konon, telah banyak korban yang menemui ajalnya setelah bertemu dan bicara dengan Nenek Gayung ini.[1]


4.Mummy.


Mumi adalah mayat yang kulit dan dagingnya telah diawetkan dengan disengaja atau tidak disengaja dengan menggunakan bahan kimia. Banyak macam-macan mumi yang dikenal dalam istilah orang mesir. Mulai dari mumi biasa, mumi para raja, mumi hewan dsb.


3.WereWolf.


Manusia serigalalikantrof, atau likan adalah sebuah mitos dari Eropa kuno berupa makhluk monster setengah manusia setengah serigala. Konon manusia serigala akan berubah pada saat bulan purnama tiba, yang mana kekuatan mistiknya mencapai puncaknya. Dalam mitologi tersebut, manusia serigala senantiasa akan memburu manusia dan barang siapa yang tergigit atau terkena cakarannya akan menjadi salah satu dari manusia serigala pula. Dia konon hanya bisa mati jika ditembak dengan peluru perak.


2.Vampire.



Vampir adalah tokoh dalam mitologi dan legenda yang hidup dengan memakan intisari kehidupan (biasanya dalam bentuk darah) dari makhluk hidup lain.[1][2][3][4][5][6] Meskipun kepercayaan terhadap setan penghisap darah terdapat dalam berbagai budaya dan telah ada sejak zaman kuno,[7] istilah vampir sendiri baru populer pada awal abad ke-18 setelah masuknya legenda vampir ke Eropa Barat dari daerah Balkan dan Eropa Timur.[8] Di daerah-daerah tersebut juga terdapat legenda mengenai makhluk-makhluk seperti vampir, misalnya vrykolakas di Yunani dan strigoi diRumania yang juga ikut meningkatkan kepercayaan vampir di Eropa.
Vampir dalam legenda Balkan dan Eropa Timur memiliki penampilan yang beragam (mulai dari makhluk mirip manusia sampai mayat hidup) sedangkan di Eropa Barat, vampir digambarkan sebagai makhluk yang berpenampilan rapi dan mewah. Adalah cerita The Vampyre (1819) karangan John Polidori yang membentuk citra tersebut. Karya tersebut dianggap sebagai karya tentang vampir yang paling berpengaruh di awal abad ke19[9] dan telah mengilhami karya-karya selanjutnya seperti Varney the Vampire dan bahkan Dracula.[10]
Novel Dracula (1897) karya Bram Stoker dikenang sebagai karya klasik yang menjadi dasar bagi cerita vampir pada masa modern. Novel Draculamengambil unsur dari legenda manusia serigala dan setan sejenisnya, dan menggabungkannya dengan konsep keabadiaan serta sistem masyarakat masa Victoria.[11] Suksesnya buku ini memicu munculnya genre vampir yang masih tetap populer hingga saat ini melalui buku, film, permainan video, dan acara televisi. Vampir juga telah menjadi figur dominan dalam genre horor.[11]
Vampir umumnya diceritakan keluar dari makamnya pada malam hari untuk menggigit orang-orang dengan taringnya yang panjang dan mengisap darah mereka. Korban yang digigitnya biasanya akan menjadi vampir juga. Menurut beberapa mitos, vampir tidak tampak di cermin karena mereka tidak memiliki jiwa. Dalam cerita fiksi modern, vampir bisa menjelma menjadi kelelawar, serigala, bahkan gumpalan gas, dan harus menjauhkan diri dari sinar matahari.
1.Oni.

Penggambaran dari oni sangat bervariasi tetapi biasanya digambarkan sebagai  makhluk raksasa mengerikan dengan cakar yang tajam, rambut acak-acakan, dan dua tanduk panjang tumbuh dari kepala mereka. Mereka adalah humanoid untuk sebagian besar orang jepang, tapi kadang-kadang, mereka ditunjukkan dengan fitur yang tidak alami. Kulit mereka punya variasi warna, tapi merah dan biru adalah yang paling umum. Ada kesamaan yang sangat jelas dari setan yang berada didalam tradisi Yahudi-Kristen.



1 komentar:


  1. Where Everybody is The Winner
    bisa di akses melalui => f4n583771nG :)

    BalasHapus