Jumat, 03 Februari 2012

10 rumus fisika gerak

Fisika (bahasa Yunaniφυσικός (fysikós), "alamiah", dan φύσις (fýsis), "alam") adalah sains atau ilmu tentang alam dalam makna yang terluas. Fisika mempelajari gejala alam yang tidak hidup atau materi dalam lingkup ruang dan waktu. Para fisikawan atau ahli fisika mempelajari perilaku dan sifat materi dalam bidang yang sangat beragam, mulai dari partikel submikroskopis yang membentuk segala materi (fisika partikel) hingga perilaku materi alam semesta sebagai satu kesatuan kosmos.


1.gerak lurus berubah beraturan.
   
  Gerak lurus berubah beraturan adalah gerak yang lintasannya berupa garis lurus dengan kecepatannya yang berubah beraturan.
Percepatannya bernilai konstan/tetap.
Rumus GLBB ada 3, yaitu: 
.  \!v_{t}=\!v_{0}+\!a\times\!t
\!s=\!v_{0}\times\!t+\frac{1}{2}\times\!a\times\!t^2

\!v_{t}^2=\!v_{0}^2+\!2\times\!a\times\!s

\!v_{0} = Kecepatan awal (m/s)
\!v_{t} = Kecepatan akhir (m/s)
\!a = Percepatan (m/s2)
\!s = Jarak yang ditempuh (m)

2.gerak vartikel ke atas.

Benda dilemparkan secara vertikal, tegak lurus terhadap bidang horizontal ke atas dengan kecepatan awal tertentu. Arah gerak benda dan arah percepatan gravitasi berlawanan, gerak lurus berubah beraturan diperlambat.
Peluru akan mencapai titik tertinggi apabila Vt sama dengan nol.

t_{\text{maks}}= \frac {Vo} {g}
h= \frac {Vo^2} {2g}

t= {2} \times {t_{\text{maks}}}
{V_{\text{t}}^2}= V_{\text{0}}^2 - 2 \times{g} \times{h}

keterangan.
Kecepatan awal= Vo
Kecepatan benda di suatu ketinggian tertentu= Vt
Percepatan /Gravitasi bumi: g
Tinggi maksimum: h
Waktu benda mencapai titik tertinggi: t maks
Waktu ketika benda kembali ke tanah: t

3.gerak jatuh bebas.
Benda dikatakan jatuh bebas apabila benda:
  • Memiliki ketinggian tertentu (h) dari atas tanah.
  • Benda tersebut dijatuhkan tegak lurus bidang horizontal tanpa kecepatan awal.
Selama bergerak ke bawah, benda dipengaruhi oleh percepatan gravitasi bumi (g) dan arah kecepatan/gerak benda searah, merupakan gerak lurus berubah beraturan dipercepat.

v= \sqrt{2gh}
t= \sqrt{2h/g}

Keterangan:
  • v = kecepatan di permukaan tanah
  • g = gravitasi bumi
  • h = tinggi dari permukaan tanah
  • t = lama benda sampai di tanah

4.gerak vartikel ke bawah.
Benda dilemparkan tegak lurus bidang horizontal arahnya ke bawah.
Arah percepatan graviasi dan arah gerak benda searah, merupakan gerak lurus berubah beraturan dipercepat.

Vt= {Vo} + g \times t
Vt^2= {Vo^2} + 2 \times g \times h
Keterangan:
  • Vo = kecepatan awal
  • Vt = kecepatan pada ketinggian tertentu dari tanah
  • g = gravitasi bumi
  • h = tinggi dari permukaan tanah
  • t = waktu


5.gerak melingkar.
  • Dari diagram di bawah, diketahui benda bergerak sejauh ω° selama t sekon, maka benda dikatakan melakukan perpindahan sudut.
    Benda melalukan 1 putaran penuh. Besar perpindahan linear adalah r atau keliling lingkaran. Besar perpindahan sudut dalam 1 putaran penuh adalah  radian atau 360°.Circular motion diagram.png
  •  2 \pi rad = 360^\circ
  •  1 rad = \frac {360^\circ} {2 \pi} = \frac {180^\circ} {\pi} = 57,3^\circ

6.perpindahan sudut,kecepatan sudut,dan percepatan sudut.
Perpindahan sudut adalah posisi sudut benda yang bergerak secara melingkar dalam selang waktu tertentu.
 \theta = \omega \times t
Keterangan:
  • θ = perpindahan sudut (rad)
  • ω = kecepatan sudut (rad/s)
  • t = waktu (sekon)
  • Kecepatan sudut rata-rata ( \overline{\omega} ): perpindahan sudut per selang waktu.
     \overline{\omega} = \frac {\vartriangle\theta} {\vartriangle t} = \frac {\theta_{2} - \theta_{1}} {t_{2} - t_{1}}
    Percepatan sudut rata-rata (α): perubahan kecepatan sudut per selang waktu.
     \alpha = \frac {\vartriangle\omega} {\vartriangle t} = \frac {\omega_{2} - \omega_{1}} {t_{2} - t_{1}}
    α : Percepatan sudut (rad/s2)

    7.percepatan sentripental.
    Arah percepatan sentripetal selalu menuju ke pusat lingkaran.
    Percepatan sentripetal tidak menambah kecepatan, melainkan hanya untuk mempertahankan benda agar tetap bergerak melingkar.
     A_{s} = \frac {v^2} {r} = \omega^2 r
    Keterangan:
    • r : jari-jari benda/lingkaran


    8.gerak parabola.
    Gerak parabola adalah gerak yang membentuk sudut tertentu terhadap bidang horizontal. Pada gerak parabola, gesekan diabaikan, dan gaya yang bekerja hanya gaya berat/percepatan gravitasi.

    Gerak parabola.png
    Pada titik awal,
    Vo_{x} = Vo \times \cos \alpha
    Vo_{y} = Vo \times \sin \alpha
    Pada titik A (t = ta):
    Va_{x} = Vo_{x} = Vo \times \cos \alpha
    Va_{y} = Vo_{y} - g \times t_{a}
    Letak/posisi di A:
    X_{a} = Vo_{x} = Vo \times t_{a}
    Y_{a} = Vo_{y} \times t_{a} - 1/2 g {t_{a}^2}
    Titik tertinggi yang bisa dicapai (B):
    h_{max} = \frac {{(Vo\times\sin\alpha})^2} {2g} = \frac {{(Vo^2\times\sin^2\alpha})} {2g}
    Waktu untuk sampai di titik tertinggi (B) (tb):
    Vy = 0
    Vy = Voy − gt
    0 = Vosin α − gt
    t_{b} = \frac {{(Vo\times\sin\alpha})} {g} = \frac {Vo_{y}} {g}
    Jarak mendatar/horizontal dari titik awal sampai titik B (Xb):
    X_{b} = Vo_{x} \times t_{b}
    X_{b} = Vo \cos \alpha \times (\frac {{(Vo\times\sin\alpha})} {g})
    X_{b} = \frac {{Vo^2} \times \sin 2\alpha} {2g}
    Jarak vertikal dari titik awal ke titik B (Yb):
    Y_{b} = \frac {Vo_{y}^2} {2g}
    Y_{b} = \frac {{Vo^2} \times \sin^2 \alpha} {2g}
    Waktu untuk sampai di titik C:
    t_{total} = \frac {{(2 Vo\times\sin\alpha})} {g} = \frac {2 Vo_{y}} {g}
    Jarak dari awal bola bergerak sampai titik C:
    X_{maks} = Vo{x} \times t_{total}
    X_{maks} = Vo \times \cos \alpha \times \frac {{(2 Vo\times\sin\alpha})} {g}
    X_{maks} = \frac {{Vo^2} \times \sin 2\alpha} {g}

    9.gerak lurus beraturan.


    \!v=\frac{s}{t}
    Dengan ketentuan:
    • \!s = Jarak yang ditempuh (m, km)
    • \!v = Kecepatan (km/jam, m/s)
    • \!t = Waktu tempuh (jam, sekon)
    • Catatan:
      1. Untuk mencari jarak yang ditempuh, rumusnya adalah \!s=\!v\times\!t.
      2. Untuk mencari waktu tempuh, rumusnya adalah \!t=\frac{s}{v}.
      3. Untuk mencari kecepatan, rumusnya adalah \!v=\frac{s}{t}.

    10.kecepatan rata-rata.


    Rumus:
    \!v=\frac{s_{total}}{t_{total}} = \frac {V_{1} \times t_{1} + V_{2} \times t_{2} + ... + V_{n} \times t_{n}} {t_{1} + t_{2} + ... + t_{n}}




2 komentar:

  1. JobSide buat tambahan jajan .... Info { 5*E*E*8*0*A*F*E }

    BalasHapus
  2. Cari JobSide buat tambahan jajan .... Inf BB : 5EE. 80. AFE :)

    BalasHapus